Rekomendasi 4 Ramuan Tradisional untuk Batuk pilek

Racikanku – Meski tidak masuk dalam kategori penyakit berat, namun batuk pilek kerap mengganggu aktivitas seseorang. Hidung tersumbat, tenggorokan gatal, hidung berair dan berbagai efek lainnya. Ada dua alternatif pengobatan, yakni dengan obat kimia atau ramuan tradisional. Ramuan tradisional untuk batuk pilek baik karena tidak memiliki efek samping layaknya obat-obatan kimia.

Flu pada dasarnya menyerang saluran pernapasan di bagian atas termasuk hidung dan tenggorokan. Virus yang masuk menyebar melalui droplet atau cairan liur yang dibawa oleh udara, biasanya diakibatkan karena kontak fisik hingga terjangkit virus. Proses penyembuhan biasa tergantung pada kondisi imun seseorang namun akan lebih jika langsung diobati.

Ramuan Tradisional untuk Batuk Pilek

Ada berbagai jenis ramuan tradisional yang bisa digunakan, bahan bakunya pun sangat sederhana dan bisa ditemukan dengan mudah.

Bawang Putih

Racikanku

Mungkin tak banyak yang tahu, jika selain campuran makanan bawang putih punya khasiat baik untuk meredakan batuk pilek. Ini lantaran senyawa berupa minyak allicin yang memicu aroma menyengat pada bawang putih dapat melawan virus flu. Jika Anda enggan mengkonsumsi langsung, tak ada salahnya membuat olahan makanan seperti sayur dan menambahkan banyak bawang putih.

Untuk penggunaan mentah, Anda bisa mengiris bawang putih lalu tumbuk hingga halus sebanyak satu siung. Tempatkan di dalam mangkuk berisi air panas, lalu tempatkan wajah Anda persis di atas mangkuk agar uapnya tercium. Lakukan ini setidaknya selama 10 menit sekaligus memperbaiki indra.

Madu

Jika tak suka menggunakan bawang putih karena aromanya, Anda bisa memilih madu sebagai alternatif lain. Bahan ini sudah dipercaya sejak dulu mampu menyembuhkan virus penyebab batuk pilek. Madu sendiri mengandung anti mikroba untuk melawan penyakit dan bakteri.

Cara konsumsinya dengan melarutkan dua sendok makan madu ke dalam segelas air hangat lalu minum dua kali sehari, yakni pagi dan malam. Namun ingat, konsumsi ini tidak boleh diberikan kepada bayi berusia kurang dari satu tahun karena metabolisme yang sangat rendah dan rentan terinfeksi. Jika untuk anak-anak pastikan usia balita.

 

Jahe

Sejak dulu, jahe memang dikenal memiliki banyak khasiat dalam pengobatan tradisional. Rempah yang satu ini dapat membantu dalam melemaskan otot di saluran pernafasan, dan juga membantu dalam melegakan hidung, beserta memperkuat antibodi tubuh. Sebagai tambahan, rendam jahe dan tambahkan kunyit kemudian saring dan minum dalam kondisi hangat.

Minuman ini berkhasiat meredakan banyak penyakit ringan seperti batuk pilek, pegal-pegal hingga sakit kepala. Di sisi lain, kunyit memiliki penting untuk menghambat mutasi virus influenza hingga 90%.

 

Teh herbal

Selain beberapa rempah di atas, teh herbal juga bisa menjadi alternatif pengobatan flu batuk yang lebih relaks terlebih jika Anda tak suka dengan aroma rempah yang terlalu kuat. Mengkonsumsi teh herbal bukan hanya meredam virus flu batuk melainkan juga meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Beberapa jenis teh herbal juga dapat dikonsumsi seperti teh hijau, teh adas manis atau teh jahe.

Bisa juga, mencampur sejumlah bahan pada teh semisal madu untuk menambah khasiat dari minuman tersebut. Kombinasi bahan ini akan memaksimalkan penyembuhan dan mencegah virus lain untuk masuk.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk batuk pilek, pada gejala ringan memang akan lebih baik untuk mengkonsumsi obat obatan herbal alih-alih bahan kimia. Selain tanpa efek samping, ramuan sejenis ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang lain dalam jangka panjang.

Leave a Comment