Ramuan Tradisional untuk Anak Demam

Tips kesehatan

Demam anak selalu menjadi kekhawatiran bagi setiap orang tua. Memang, kondisi ini umumnya tidak termasuk berat namun pada situasi tertentu bisa menjadi gejala penyakit serius. Pada situasi ringan biasanya disebabkan lantaran respons tubuh karena serangan virus atau bakteri tertentu. Masalah ini bisa diatasi dengan ramuan tradisional untuk anak demam.

Seperti diketahui, demam adalah kondisi saat suhu tubuh berada di atas batas normal. Biasanya, suhu tersebut mencapai 37,5 derajat celsius atau bahkan lebih. Anda bisa mendeteksi langsung dengan menyentuh bagian kening atau leher. Pada anak suhu demam ringan di kisaran 37 sampai 38 derajat celsius. Jika begini ada langkah antisipasi yang dapat dilakukan orang tua.

Ramuan Tradisional untuk Anak Demam

Alternatif tersebut dengan memberikan ramuan tradisional yang dapat didapatkan dengan harga murah. Ramuan ini  juga sangat mudah ditemukan karena menjadi bagian rempah-rempah Indonesia. Sebagai negara tropis, berbagai tanaman obat memang mudah ditemukan jadi Anda tak perlu khawatir untuk mendapatkannya. Berikut ini daftarnya:

Jahe

Selain diolah sebagai bahan makanan karena aromanya, jahe nyatanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk menurunkan panas. Pada cara sederhana, Anda bisa mengolah jahe dengan cara digeprek lalu direbus dengan air. Sebagai perasa, tambahkan satu sampai dua sendok madu agar anak bisa meminumnya hingga habis.

Kunyit

Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang mempunyai fungsi sebagai anti bakteri, antioksidan sekaligus antivirus yang ampuh untuk menurunkan demam. Cara pembuatannya cukup mudah, hanya dengan memarut 3-4 batang kunyit lalu ditambahkan dengan air panas dan diamkan sebentar. Selanjutnya Anda bisa memeras kunyit dan cukup mengambil airnya.

Sebagai tambahan, peras sedikit jeruk nipis dan satu sendok madu untuk menambah rasa. Tak cuma diminum, ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengkompres kening dana ampuh untuk menurunkan suhu panas.

Bawang Merah

Selain menjadi rempah untuk olahan makanan, bawang merah juga dapat digunakan sebagai ramuan demam. Caranya pun sangat sederhana, dimana Anda cukup mengupas bawang merah, diparut lalu ditumbuk dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Campuran tersebut bisa dilumurkan ke beberapa bagian tubuh anak untuk menurunkan demam. Kendati demikian, kelemahan ramuan ini tentu terletak pada aromanya yang mungkin akan cukup mengganggu.

Pegagan

Pegagan merupakan ramuan yang tidak begitu familiar jika dibandingkan dengan tiga bahan di atas, namun pegagan merupakan tanaman herbal yang sangat ampuh untuk menurunkan panas pada anak. Pegagan bekerja dengan cara merevitalisasi tubuh sekaligus memperkuat struktur jaringan tubuh. Proses pengolahannya bisa dilakukan dengan cara merebus lalu meminum hasil rebusan tersebut.

Air Kelapa Muda

Jika Anda enggan menggunakan salah satu bahan di atas karena aroma atau rasanya yang aneh. Anda bisa menggunakan air kelapa muda karena memiliki manfaat yang sama baiknya untuk menurunkan demam pada anak. Air kelapa sendiri memiliki mineral sekaligus anti oksidan yang  bisa menggantikan cairan tubuh dengan lebih baik. Namun ingat, imbangi untuk memberi air mineral pada anak karena akan sangat baik untuk menetralkan tubuh.

Itulah beberapa daftar ramuan tradisional untuk anak demam, ketimbang menggunakan obat kimia bahan di atas bisa menjadi solusi yang lebih aman. Di sisi lain, perlu dipahami jika ramuan di atas hanya membantu menurunkan demam, jika kondisi tak kunjung membaik langkah utama adalah membawa anak Anda ke rumah sakit untuk pengobatan lebih lanjut.

Leave a Comment